Minggu, 08 Januari 2012

Gambar Bentuk


        Menggambar bentuk adalah suatu proses pernyataan kembali hasil pengamatan suatu objek gambar yang indah pada bidang gambar. Menggambar bentuk secara umum merupakan kegiatan menggambar yang objek gambarnya berupa bentuk benda. Di dalam penggambarannya, objek benda tersebut hendaklah digambar seobjektif mungkin. Dalam artian, bentukbenda digambarkan secara tepat sesuai dengan keadaannya baik bentuk ataupun warnanya.
        Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa gambar bentuk adalah gagasan bentuk yang diwujudkan diatas bidang gambar melalui kemahiran tangan dengan media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang dibuat denganmemerhatikan ketepatan bentuk dan perspektif, proporsi, serta komposisi sehingga menghasilkan karya yang indah. Dengan perkataan lain, menggambar bentuk sama halnya dengan memotret bentuk benda dengan kemampuan pengelihatan dan kemahiran tangan.
        Macam macam bentuk ada 3 yaitu :
·      Bentuk kubistis. Bentuk kubistis adalah bentuk bentuk yang menyerupai kubus atau benda yang bentuk dasarnya kubus dan balok. Contohnya : lemari, meja, kursi, kardus, kulkas, dll

·      Bentuk silindris. Bentuk silindris adalah benda yang bentuk dasarnya menyerupai silinder atau bulat. Contohnya : gelas, botol, teko, dll.
·      Bentuk bebas. Bentuk bebas adalah benda yang bentuknya tidak beraturan atau yang tidak termasuk kubistis dan tidak termasuk silindris. Contohnya : kain, buah buahan, sayur sayuran, dll.








Teknik menggambar bentuk

Teknik menggambar bentuk adalah cara cara yang lazim dipergunakan untuk menggambar. Teknik menggambar bentuk antara lain adalah : 

Teknik linear
Teknik linear merupakan cara menggambar objek gambar dengan garis sebagai unsure yang paling menentukan baik garis lurus maupun garis lengkung.


Teknik blok
Teknik blok merupakan cara menggambar dengan menutup objek gambar menggunakan satu warna, sehingga hanya terlihat bentuk globalnya saja ( siluet ).


Teknik arsir
Teknik arsir merupakan cara menggambar dengan garis garis menyilang atau sejajar untuk menentukan gelap terang objek gambar sehingga tampak sehingga tiga dimensi


Teknik dusel
Teknik dusel merupakan cara menggambar yang penentuan gelap terang objek gambar menggunakan pensil gambar yang digoreskan dalam posisi miring ( rebah ).


Teknik pointilis
Teknik pointilis merupakan cara menggambar yang dalam menentuka gelap terang objek gambar menggunakan pensil atau pena gambar dengan dititik titikkan.

Teknik aquarel
 Teknik aquarel merupakan cara menggambar dengan menggunakan cat air dengan sapuan warna yang tipis, sehingga hasilnya tampak transparan atau tembus pandang.

Teknik plakat
Teknik plakat merupakan cara menggambar yang menggunakan bahan cat poster atau cat air dengan sapuan warna yang tebal sehingga hasilnya tampak pekat dan menutup.


Prinsip menggambar bentuk
Dalam menggambar bentuk ada beberapa prinsip yang herus diperhatikan. Tujuannya agar gambar yang dibuatnya lebih mirip/tepat dengan objek yang digambar. Dalam menggambar bentuk ada beberapa prinsip yang herus diperhatikan yaitu :

Perspektif
Perspektif merupakan prinsip atau kaidah yang penting dalam menggambar bentuk atau melukis corak realis. karena dalam  tehnik perspektif berati mengunakan hukum perspektip dengan menggunakan satu atau dua titik lenyap.

Proporsi.
Proporsi yang di maksud dalam menggambar atau melukis adalah perbandingan bagian per bagian atau bagian dengan keseluruhan. Dengan menerapkan prinsip proporsi maka objek gambar akan nampak wajar , sebagai contoh : gambar gubuk di bawah kaki gunung atau bukit dimana proporsi nya tentu gunung atau bukit yang lebih besar dari pada gubuk dengan sudut pandang yang wajar.

Komposisi
Komposisi dalam menggambar bentuk dapat di artikan sebagai sesuatu susunan atau letak objek gambar.  Penyatuan komposisi objek gambar akan lebih memperindah dan lebih menampakan maksud gambar itu sendiri.

Gelap terang (half-tone)
Gelap terang merupakan hal yang sangat penting dalam suatu lukisan. karena nilai suatu lukisan sering di salah artikan oleh seseorang yang melihat, bahwa lukisan jadi seperti tak ada artinya karena sipelihat lukisan hanya mencari sisi terang dari lukisan seorang pelukis, Oleh sebab itu gelap terang merupakan keadaan bidang yang di bedakan dengan warna tua untuk gelap dan warna muda untuk terang yang di sebabkan oleh pengaruh cahaya.
Lukisan  dengan judul malam penuh bintang karya van Gogh di lukis tahun 1889. Anda akan dapat mengetahui suatu nilai karya seni yang kuat memperjelas gelap terang kontras lukisan van Gogh.

Bayang bayang (shadow)
alam menggambar bentuk, peranan bayang - bayang akan sangatmenentukan untuk terciptanya kesan tiga dimensi. meskipun agak samar – samar, bayang – bayang harus ada. Dimana bayang – bayang itu sendiri dapat di bedakan menjadi 3 ( tiga ) bagian yaitu: bayangan karena sinar  (Bayang – bayang awak ), yang berarti bayangan yang ada pada benda tersebut. Bayangan benda karena sinar, mengenai benda lain ( Bayang – bayang langkah ) dan bayangan benda pada permukaan yang licin ( Bayang – bayang sendiri ).






Pendekatan Dengan Model

Merupakan suatu cara agar penggambar lebih banyak memperoleh  kemudahan antara lain :


-  objek gambar lebih jelas,
-  tidak perlu mencari objek gambar,
-  Lebih dapat mengontrol gambar dan model ,
-  ketepan sudut gambar lebih tajam.



Langkah Menggambar Bentuk

Yang di maksud langkah menggambar bentuk adalah prosedur atau langkah – langkah  tata urutan kerja. adapun beberapa cara langkah menggambar bentuk sebagai berikut:

1.   Pengamatan
Adalah kegiatan untuk mengenali objek yang akan di gambar. Objek gambar harus diamati dengan seksama dan berulang – ulang,  dan lebih baik lagi dilakukan dengan bingkai ( frame ).

2.   Sketsa
Adalah pindahan hasil pengamatan di atas bidang gambar dengan cara mensketsa objek gambar secara tipis – tipis ( membayang )

3.   Menentukan Gelap – Terang
Adalah memberi tanda batas yang tipis antara bagian benda yang terang dan gelap dengan memperhatikan arah cahaya.
4.   Menentukan Teknik
Adalah dimana kita menggunakan alat atau bahan gunakan dahulu warna yang muda terlebih dahulu kemudian warna tua.

5.   Sentuhan Akhir
Adalah kita di tuntut memberikan penekanan pada karya gambar bentuk objek, sehingga timbut yang disebut mempunyai greget atau makna. Pada saat sentuhan akhir ini merupakan perapian dari sebuah karya seni lukis.



6 komentar:

  1. Apakah gambar model dan gambar bentuk sama?
    Terimakasih sebelumnya... ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Saya seorang yang beraliran pointilis. Jika berkenan silahkan mampir ke blog saya di pointsketsa.blogspot.com.

    BalasHapus